Sejarah Panti Asuhan


Sekilas berdirinya Panti Asuhan Putri Baabussalaam. Panti Asuhan Putri Baabussalaam yang beralamat di Jl. Jaya Sirayu No. 23 RT 03 Rw 03 Kalisube Banyumas, Jawa Tengah adalah sebuah Panti kelanjutan dari Panti Asuhan Putri Asruri dengan alamat yang sama. Kilas balik menengok sejarahnya, Panti ini adalah berawal dari panggilan nurani dari salah satu pendiri dari Panti ini yang kemudian disebut dengan Fulanah ketika melihat ada seorang warga dari tetangganya yang hidup sebatangkara dengan kondisi sakit kanker payudara stadium 3 dan penyakit jiwa yang dideritanya sejak kecil dan sangat terlantar. Melihat kondisi ini terbesitlah rasa iba yang sangat untuk membantunya. Akhirnya Fulanah bermusyawarah dengan keluarga untuk mengambil pesakit tersebut dan membawanya pulang untuk dirawat.Hal ini sempat mendapat protes dari keluarga Fulanah dikarenakan mereka tidak mau melihat hal-hal kotor dan bau. Dengan memberikan keyakinan bahwa Fulanah akan merawatnya dengan baik maka diterimalah keputusan tersebut.

Akhir cerita pindahlah pesakit tersebut kerumah kakak Fulanah sebuah rumah kosong peninggalan orang tua yang nantinya tempat inilah yang akan dijadikan tempat anak-anak panti bernaung atau beraktivitas. Rencana awal, Fulanah hanya akan merawat pesakit sampai Visa TKI turun, namun Allooh berkehendak lain selang beberapa waktu datang 2 anak yatim kakak beradik tanpa kawalan ibu atau keluarganya dengan membawa tas berisi pakaian dan buku memohon untuk diasuh. Subhaanallooh, disatu sisi Fulanah akan berangkat kerja keluar negeri disisi lain Allooh memberi amanat yang berat. Tidak butuh waktu lama Fulanah untuk mengambil keputusan bahwa amanat Alloohlah yang harus diutamakan sebab Ia berkeyakinan bahwa Barang siapa membela jalanNya Allooh, Allooh pasti akan memberi kemudahan dan barang siapa mau menerima dan menjalankan ketentuan yang diberi oleh Allooh itulah yang terbaik baginya, maka musyawarahlan Fulanah dan keluarga yang menghasilkan keputusan untuk membatalkan pergi kerja keluar negeri dan menerima ketentuan Allooh yang kemudian kami mendirikan sebuah Panti Asuhan dengan nama Panti Asuhan Putri Asruri.

Nama Asruri adalah nama orang tua para pendiri yang mana nama ini diberikan oleh salah satu pengurus Yayasan Insan Mulia Banyumas dimana panti ini bernaung.Panti ini berdiri pada tanggal 18 Oktober 2010 selang berapa tahun tepatnya pada ulang tahun yang ke-5 tanggal 18 Oktober 2015 karena ada beberapa sebab Panti Asuhan Putri Asruri melepaskan diri dari Yayasan Insan Mulai Banyumas dan berdiri sendiri dengan nama Panti Asuhan Putri Baabussalaam (Pintu Menuju Keselamatan) dalam naungan yayasan Baabus Salaam. Kami berharap nama Baabussalaam ini akan membawa keberkahan dan kecerahan bagi anak-anak panti, para donator, dan meluas kesemua umat, Aamiin ya Robbal,almiin. Tidak lupa kami ucapkan jazakumullooh khoiron katsiir pada semua pihak yang senantiasa membantu berlangsungnya kehidupan anak-anak panti, wabil khusus pada semua pengurus Yayasan Insan Mulia Banyumas yang sudah banyak sekali membantu anak-anak Panti Asuhan Putri Asruri. Hanya kepada Allooh jualah kami memohon balasan kebaikan yang berlipat ganda. Aamiin ya Robbal,alamiin.


Cari

   Berita Terbaru

Peringatan Kemerdekaan RI

  17 Agustus adalah hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Dimana hampir seluruh rakyat Indonesia merayakannya deng...

Kunjungan Dari Alumni SMA 1 BANYUMAS

Gabungan alumni SMA Negeri 1 Banyumas melaksanakan kegiatan rutin yaitu " Indahnya Berbagi Kebahagiaan Mempererat...

Baksos dari IMAM Purwokerto

  Ikatan Mahasiswa Amikom Muslim (IMAM) adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berada di STMIK AMI...

Pendaftaran Anak Panti Asuhan Putri Baabussalaam Banyumas

Syarat Pendaftaran Masuk Panti Asuhan Putri Baabussalaam Banyumas: Wanita usia sekolah SD s/d SLTA. Anak Yat...